Langsung ke konten utama

Unggulan

Mengenal Perangkat Komputer

  Assalamu'alaikum Hari ini kita belajar lagi Teknologi Informasi yah.. gimana nih kabarnya hari ini? Semoga Selalu diberikan kesehatan, dan panjang umur, supaya kita terus beribadah, salah satunya ibadah dengan cara belajar ilmu yang benar.. Pada kesempatan hari ini, materi tentang komponen - komponen komputer. Setelah mempelajari ini diharapkan kalian dapat memahami perangkat-perangkat yang menyusun sistem komputer. Perangkat - Perangkat Komputer Perangkat penyusun ada 3 jenis perangkat yang saling keterkaitan satu sama lain, tidak boleh ada yang hilang satu pun dari yang ketiga komponen tersebut. apa jenis - jenis komponen tersebut yaitu : 1. Hardware / Perangkat Keras 2. Software / Perangkat Lunak 3. Brainware / Pengguna Alasan mengapa dari ketiga komponen diatas tidak boleh hilang satu pun yaitu: Saya akan mencoba menjelaskan dengan contoh nyata saja, dengan mencontohkan pada sebuah Smart Phone yang sudah pada lebih tau. Ketika kita Mempunyai HP Hardwarenya  rusak atau misal t

Belajar Program Komputer Menggunakan Google Doodle

 Pengertian Program Komputer Adalah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komputer merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia. Komputer sendiri terdiri dari dua bagian utama, yaitu hardware dan software.  Komponen hardware (perangkat keras) komputer merupakan bagian yang terdiri dari berbagai perangkat elektronik mulai dari layar, CPU dan keyboard dan lain sebagainya yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik.

Namun tentunya hardware tidak akan bisa berfungsi jika tidak ada serangkaian instruksi untuk bertugas mengaturnya. Serangkaian instruksi tersebut dikenal dengan sebutan software (perangkat lunak) atau juga sering disebut dengan istilah program.

program komputer adalah serangkaian instruksi yang didesain secara berurutan sehingga sebuah komputer bisa melaksanakan serangkaian tugas sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh penggunanya, maka sejatinya komputer tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sebuah masalah tanpa adanya program komputer.

untuk mempelajari program komputer (coding) untuk pemula, google menghadirkan permainan coding yang populer melalui doodle nya,

Google menghadirkan game atau permainan coding dengan judul 'Coding for Carrots'

Permainan ini cukup sederhana, yaitu pemain hanya perlu mengendalikan kelinci untuk jalan atau mengarahkannya untuk memakan wortel.

Jika pemain berhasil, maka pemain akan dibawa ke level yang lebih sulit lagi.



Cara bermainnya juga sangat mudah, berikut ini adalah cara atau petunjuk memainkan game codin google:

1. Para pemain yang ingin bermain game ini hanya perlu mengeklik doodle pada bagian laman pencarian Google.

2. Nantinya Anda akan dibawa kedalam permainan coding tersebut.



3. Kemudian Anda akan diberikan petunjuk atau cara bermain.

Google Doodle
Google Doodle (Google)

4. Anda akan diberikan balok bergambar tanda panah, nantinya panah ini harus Anda susun pada bagian kolom di bawah gambar sesuai banyak langkah kelinci yang harus diambil. Misalnya: wortel berada didepan kelinci dan berjarak 2 blok, maka taruhlah tanda panah tersebut sebanyak 2 blok, maka kelinci akan berjalan sebanyak 2 blok.

Google Doodle Play
Google Doodle Play

5. Setelah itu Anda juga diberikan tanda belok ke kanan, kiri dan tanda lainnya.

6. Setelah Anda memasang blok sesuai langkah kelinci, untuk menjalankannya maka Anda hanya perlu menekan tanda panah atau 'play' di samping kolom peletakan balok tanda tersebut.

Google Doodle Play Coding
Google Doodle Play Coding

7. Jika Anda berhasil maka Anda akan naik ke level yang lebih sulit.

Google Doodle Play Coding Level



Permainan ini cukup mudah, permainan Google Doodle interaktif ini dibuat untuk mendukung langkah pemerintah melawan pandemi Coovid-19.

Google Doodle telah membuat game-game unik lain yang tersedia di arsipnya.

Google juga membuat doodle dengan berbagai tema untuk memperingati suatu hal atau yang sedang tren di internet.

Permainan google doodle ini dapat dimainkan secara online melalui laman pencarian Google, kamu tidak perlu repot-repot mendownloadnya melalui aplikasi apapun.

Jadi untuk Anda yang sedang merasa bosan karena sudah berhari-hari dirumah, Anda bisa mencoba permainan yang disediakan oleh Google ini.



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Game Google Doodle 'Coding for Carrots', Ini Cara Mainnya!, https://www.tribunnews.com/techno/2020/04/27/game-google-doodle-coding-for-carrots-ini-cara-mainnya?page=all.




Tugasnya kalian yang harus kerjakan diantaranya:

1. Ikuti permainan Coding for Carrots tersebut. Untuk mengikuti permainan tersebut sekaligus belajar pemrograman kompute KLIK DISINI

2. Capailah ke level setinggi-tingginya 

3. Kemudian Screen Shot level terkakhir yang kamu capai

4. Gambar hasil Screen Shoot tersebut kirimkan ke sini Upload Gambar dengan Judul Tugas "Coding Carrot"


Untuk pertemuan hari ini cukupkan sekian selamat mencoba dan belajar coding sambil bermain..




Komentar

Postingan Populer