Langsung ke konten utama

Unggulan

Mengenal Perangkat Komputer

  Assalamu'alaikum Hari ini kita belajar lagi Teknologi Informasi yah.. gimana nih kabarnya hari ini? Semoga Selalu diberikan kesehatan, dan panjang umur, supaya kita terus beribadah, salah satunya ibadah dengan cara belajar ilmu yang benar.. Pada kesempatan hari ini, materi tentang komponen - komponen komputer. Setelah mempelajari ini diharapkan kalian dapat memahami perangkat-perangkat yang menyusun sistem komputer. Perangkat - Perangkat Komputer Perangkat penyusun ada 3 jenis perangkat yang saling keterkaitan satu sama lain, tidak boleh ada yang hilang satu pun dari yang ketiga komponen tersebut. apa jenis - jenis komponen tersebut yaitu : 1. Hardware / Perangkat Keras 2. Software / Perangkat Lunak 3. Brainware / Pengguna Alasan mengapa dari ketiga komponen diatas tidak boleh hilang satu pun yaitu: Saya akan mencoba menjelaskan dengan contoh nyata saja, dengan mencontohkan pada sebuah Smart Phone yang sudah pada lebih tau. Ketika kita Mempunyai HP Hardwarenya  rusak atau misal t

Web Browser

WEB BROWSER

A. Pengertian Web Browser
        Mengutip dari Techopedia, Web Browser / Browser / Peramban web adalah Program aplikasi di komputer ataupun di HP yang di gunakan untuk mengakses dan menampilkan website, terutama situs-situs website dan konten lain di internet. Web browser menerjemahkan halaman situs web yang dikirim menggunakan HTTP/HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Security) ataupun FTP (File Transfer Protocol) menjadi konten tang dapat di baca manusia
web browser menerjemahkan halaman situs web yang dikirim menggunakan HTTP/HTTPS (Hypertext Transfer Protocol )ataupun FTP (Protokol Transfer Filie) menjadi konten yang dapat dibaca manusia.
Dengan kata lain Web Browser adalah jendela untuk melihat dunia internet. 

B. Fungsi Web Browser
            Fungsi utama web browser adalah sebagai penghubung antara user dan situs-situs website. Beberapa fungsi web browser dijabarkan secara singkat dalam list berikut ini:

1. Membuka Laman Website

Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data, sementara itu jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan.

2. Memastikan Keamanan Suatu Web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan juga untuk memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi, misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer.

3. Mendukung Permintaan Data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet bisa diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan (download) secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada di dalamnya sehingga laman web tersebut dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan video, foto dan audio pada suatu laman.

5. Mendukung Penggunaan Search Engine

Mesin pencari atau search engine secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.

C. Macam - Macam Web Browser
            Terdapat macam-macam web browser dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. yang paling kita kenal adalah google chrome, mozilla dan opera. Namun ternyata banyak juga browser selain yang disebutkan tadi. Berikut diantaranya

1. Google Chrome

Di antara semua web browser yang ada, Google Chrome bisa jadi adalah yang paling populer, terutama di kalangan orang awam yang tak terlalu memahami dunia IT. Mudah ditebak dari namanya, web browser ini adalah aplikasi besutan Google, perusahaan internet raksasa dunia.

Beberapa fitur unggulan dari Chrome terbukti sanggup memikat banyak orang dan tetap menjadi peramban yang paling banyak diakses. Selain fitur dasar yang pasti dimiliki oleh setiap web browser, Chrome didukung oleh CSS 2.2, HTML 5, Javascript, multi tab, dan private mode.


2. Mozila Firefox

Dibandingkan dengan web browser lainnya, Firefox ini relatif aman. Selain itu, Firefox juga dilengkapi dengan add on yang sangat bervariasi dimana para pengembang dari seluruh dunia dapat turut serta mengembangkannya.

Menu konfigurasinya yang lebih lengkap serta ukuran aplikasi yang bisa jadi adalah salah satu yang paling kecil (hanya sekitar 4,7 MB) menjadikan Firefox sebagai pilihan pertama web browser dibandingkan yang lain


3. Opera

macam macam web browser opera
wikipedia.org

Selain Chrome, banyak orang lebih memilih aplikasi Opera untuk mendukung kegiatan berselancar di dunia maya. Ternyata, ada beberapa keuntungan yang tak dimiliki oleh web browser lainnya.

Opera Mini dapat beroperasi dengan kinerja 72% lebih cepat dari Chrome serta 64% lebih cepat pula dari UC Browser. Karena kecepatan performanya inilah, penggunaan data 90% lebih hemat dan efisien. Sehingga, proses mengunduh data pun jadi lebih cepat.

Berdasarkan data yang dilansir oleh perusahaan yang mengetes peranti lunak (software testing) dari Amerika Serikat, Cigniti, mengatakan bahwa Opera Mini mampu menghemat konsumsi daya hingga sebesar 14%.

Keuntungan ketiga bila menggunakan peramban ini adalah adanya fitur ad blocker yang dapat menghalau iklan. Pernahkah Anda merasakan ada banyak iklan yang mengganggu kerap muncul saat Anda berselancar di internet? Tak ada lagi hal serupa bila Anda menggunakan Opera Mini.

4. Vivaldi

wikipedia.org

CEO Opera, salah satu web browser yang telah Anda ketahui dari poin sebelumnya, menciptakan sebuah aplikasi peramban yang bernama Vivaldi. Sepintas, aplikasi yang dibekali dengan sistem Chromium Surce Code ini memang mirip Opera. Namun tentu dengan tambahan fitur lainnya.

Berbeda dengan jenis peramban lainnya, Vivaldi memiliki Quick Command yang membuatnya mampu dioperasikan melalui keyboard.

5. Internet Explorer

wikipedia.org

Terhitung sejak tahun 2015, web browser besutan Microsoft ini resmi berhenti beroperasi. Meski begitu, rupanya masih banyak yang menggunakan browser ini. Faktanya, aplikais Internet Explorer yang tak diperbarui dalam frameworks terbaru ternyata masih dapat berfungsi normal.


6. Safari

wikipedia.org

Apple Inc sebagai perusahaan yang menjadi kompetitor terbesar Android, memiliki Safari sebagai web browser resmi yang dapat Anda temukan di seluruh peranti Apple dengan sistem operasi Mac Os dan iOS.  Ada beberapa keuntungan bila Anda menggunakan browser ini.

Kehadiran Nitro Engine dalam sistem Safari versi terbaru menjadikan web browser ini lebih cepat dalam mengolah data. Selain itu, pengelolaan aplikasi Java yang terdapat pada suatu laman pun akan menjadi lebih cepat.

Menurut klaim mereka, bahkan Safari mampu mengolah aplikasi tersebut sebanyak 8x lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi peramban serupa yang lain.


7. UC Browser

gambar web browser
betanews.com

Berkat iklannya yang cukup masif, para pengguna internet pasti tak asing dengan kehadiran UC Browser. Aplikasi peramban besutan Alibaba Group ini telah meluncurkan versi terbaru yang diklaim memiliki beberapa keunggulan.

Kini, UC Browser dapat diakses di hampir seluruh sistem operasi gawai Anda. Anda juga akan dimanjakan dengan kualitas video yang baik karena telah menggunakan teknologi VP9 Codec sebagai format video terbarunya.


dan masih banyak lagi macam-macam web browser diantaranya :

  • TOR

  • LYNX

  • YANDEX

  • COMODO ICE DRAGON

  • MAXTHON

  • TORCH

  • BAIDU


D. Bagian-Bagian Browser

Untuk membahas tentang Bagian-bagian Browser kita akan menggunakan browser yang paling terkenal yaitu google chrome
Gambar ini dapat diklik dan diperbesar juka petunjuknya kurang jelas
  1. Adress Bar : ini merupakan kolom untuk kita mengisikan alamat link atau alamat web yang sudah kita ketahui misalkan https://www.abdulshare.com atau yang lainnya yang mau kalian masukan, sebenarnya kita juga bisa menuliskan link tanpa tulisan https://www , cukup menuliskan abdulshare.com kita sudah bisa mengakses link tujuan kita. Selain itu adress bar juga bisa kita gunakan sebagai kolom search jadi kita bisa menuliskan langsung apa yang kita cari, maka secara otomatis kita akan langsung di tampilkan pencarian yang kita cari dari search engine default yang terpasang.
  2. New Tab Button : tombol ini merupakan tombol atau icon perintah untuk menambhkan tab atau pencarian baru misalkan kita mau melakukan pencarian baru tanpa menutup tab yang sedang kita buka mka kita bisa gunakan tombol ini atau dengan cara menekan tombol CTRL+T pada keyboard kita.
  3. Tab : Yang saya tandai ini merupakan baris tab yang sedang terbuka kita bisa membuka banyak tab dalam satu jendela kerja Google chrome, dan bisa beralih ke tab-tab yang lainnya, multi tab ini selain untuk multi search juga sering digunakan orang untuk melakukan pekerjaan dengan beberapa sektor.
  4. Close Tab Button : Tombol ini merupakan tombol untuk menutup tab yang sedang terbuka tapi tidak kita gunakan.
  5. Search Engine Icon : Icon ini merupakan icon mesin pencari yang sedang aktif di Google Chrome kita, jadi apapun yang kita tuliskan pada kolom search maka mesin yang mencari pencarian kita yaitu mesin pencari yang aktif tersebut.
  6. Favicon : icon ini merupakan icon atau lambang website yang sedang terbuka pada tab tertentu, jika kita melakukan pencarian dari beberapa sumber tiap tab nya maka akan terlihat icon-icon nya walaupun kita tidak berada pada tab tersebut.
  7. Reload : Tombol ini merupan tombol perintah untuk load ulang atau refresh halaman yang sedang kita buka, biasanya  hal ini dilakukan bila web yang kita buka tidak sempurna load nya atau jaringan sedang tidak bagus sehingga mengakibatkan web nya tidak termuat sempurna, kita juga bisa melakukannya dengan menekan tombol fungsi F5 pada keyboard.
  8. Forward : Tombol ini merupakan tombol yang di pakai apa bila kita tidak sengaja balik ke halaman sebelumnya yang pernah kita buka, lalu kita mau kembali ke halaman terdepan atau selangkah maju de penjelajahan kita pada tab yang sama.
  9. Back : Tombil ini merupakan tombol kebalikan dari Forward diman kita bisa kembali ke awal penjelajahan kita atau selangkah mundur dari penjelajahan kita di internet yang pasti pada tab yang sama.
  10. Bookmark : pada bagian yang saya tandai ini merupakan deretan bookmark atau beberapa halaman yang kita favoritkan sebelumnya, bookmark biasanya digunakan untuk memudahkan kita dalam mengakses halaman web tersebut tanpa mengetikan alamat atau linknya. 
  11. Add Bookmark : Tombol ini merupakan perintah untuk menambahkan daftar bookmark yang bederet seperti yang ditandai pada point sebelumnya Cara menambahkannya kita cukup menekan tombol bintang ini pada saat kita membuka halaman yang mau kita masukan ke daftar bookmark. 
  12. Minimize : Tombol ini merupakan tombol standar jendela kerja semua aplikasi untuk memperkecil dan menyembunyikannya dari layar, namun masih tetap terbuka sekalipun tidak terlihat dan kita bisa mengembalikannya dari icon aplikasinya di taskbar.
  13. Restore Down & Maximize  : tombol ini juga sama standar aplikasi, tombol ini akan berubah ketika layar kecil atau besar, ketika besar tombol ini akan membentuk kotak bertumpuk (Restore Down),fungsinya untuk memperkecil tapi tidak tersembunyi dan masih bisa kita lihat dan bisa kita operasikan hanya saja tampilannya lebih kecil, Lalu tombol ini berubah menjadi kotak saja pada saat layar kecil tersebut namanya Maximize  yang fungsinya sebaliknya untuk memenuhkan tampilan aplikasi sepenuh layar kita. 
  14. Close : Tombol ini sudah pasti ada di setiap aplikasi dimana kita mau mengakhiri sebuah aplikasi kita bisa menekan tombol ini untuk menutupnya, perlu diperhatikan dengan menekan tombol ini berati benar-benar menutup aplikasi dengan semua pekerjaan kita, jadi untuk aplikasi tertentu lebih hati-hati mnekan tombol ini karena kerjaan kita taruhannya jika belum ke simpan.
  15. Customize and Control : Tombol ini merupakan tombol untuk masuk ke kontrol lebih web browser ini diman kita bisa setting sedemikian rupa web browser ini di menu yang tampil ketika menekan tombol ini, kalau kita ibaratkan smartphone ini merupakam menu setting.
  16. People : icon ini menunjukan akun google yang sedang aktif pada web browser kita, dimana kita bisa megelola browser kita menggunakan akun kita, mulai dari managemen password, dan sinkronisasi akun dan yang lainnya.
  17. Extentions : icon ini merupakan icon extensi yang kita pasang di google chrome kita untuk keperluan tertentu, kalau kita menggunakan lebih dari satu extensi maka akan berderet icon-icon nya untuk memudahkan kita mengaksesnya.
  18. Website View : bagian yang saya tandai ini merupakan bagian yang menampilkan informasi yang kita cari  semua tampilan akan menyesuaikan dengan website yang kita kunjungi. Banyak perintah juga yang bisa kita gunakan pada bagian ini menggunakan produktifitas mouse dan keyboard. Pada gambar tersebut diatas saya berada pada halaman pencarian google dengan tema yang saya terapkan.
Sumber :



Setelah dibaca dan dipahami materi diatas,  sekarang isilah soal-soal dibawah ini..
soal latihannya tidak perlu dicatat dibuku tetapi jika ingin dicatat dibuku lebih baik materi nya, catat yang menurut kalian penting dan sulit dipahami dan sulit untuk dihapalkan Terima Kasih.




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer